Sulit di-starter atau mesin tidak mau hidup kerap menjadi masalah tersendiri bagi mobil kesayangan kita, apalagi bila kita sama sekali tidak mengerti bagaimana merawat mobil. Jangan sampai kita menjadi salah satu diantara mereka yang buta teknologi, sebab mati mesin tak jarang terjadi di saat yang tidak diharapkan, misalnya saat darurat ke rumah sakit atau yang lain.
Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil : konvensional atau mobil modern yang sudah menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil kita telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta peralatan yang hanya ada di bengkel-bengkel mobil.
Biasanya menjadi penyebab mobil tidak bisa di-starter adalah adanya masalah pada sumber dan system pengapian.
Pertama cek aki, mungkin sudah dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya, di permukaan atas aki ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari aki, bisa dilihat kondisi aki bagus/rusak atau malah air aki kosong karena lupa mengecek berkala.
Bila aki masih bagus namun mobil tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena kerusakan pada system pengapian dan kondensor.
Pada teknologi mobil baru berarti pada CDI, bila masalah terjadi pada CDI maka perlu dibawa ke bengkel karena sudah rumit dan sulit ditangani sendiri.
Pada teknologi mobil lama berarti pada plat platina, cek tonjolan plat platina, bila sudah kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. supaya platina bisa kembali berfungsi dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai, pasang kembali pada posisi semula. Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu memancing percikan api sehingga kembali besar, bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa dipakai dan harus diganti.
Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks sekring, perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak, bila kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel.
Hal terakhir yang biasa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa di-starter adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter-nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara.
Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, maka mau tidak mau bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Berarti kerusakan bukan hanya pada aki atau platina Anda.
No comments:
Post a Comment